Menunggu...

Bahasa Gaul Yang Membuat Bingung

Entah dari mana asalnya bahasa gaul seperti woles, alay, maho, rempong, kepo dan sebagainya tercipta. Yang jelas bahasa tersebut telah menjamur di kalangan remaja masa kini dan telah menjadi bahasa trend alias bahasa gaul. Jika sobat merasa anak gaul maka sobat harus mengerti bahasa- bahasa gaul seperti diatas jika tidak ingin di sebut kamseupay.. ;)

Awal mula saya membuat artikel ini juga terinspirsi oleh keponakan yang ketika itu meminta di belikan kaos woles lengan panjang yang menurut keponakan saya sedang trand mode. Ketika itu juga saya bingung model kaos woles itu sperti apa? Dan ketika saya mencari dan mendapatkan ternyata baju kaos biasa dengan logo dan bertuliskan woles.

Saya jadi penasaran apa sih maksud tulisan woles itu? Saya kemudian membuka kamus dan mencoba mencari kata woles di kamus tersebut, ternyata saya tidak menemukan kata atau kalimat yang saya cari di kamus yang saya miliki.

Seperti biasa saya membuka laptop dan mencari kata yang membuat saya penasaran itu di google.com. saya banyak menemukan kata yang tidak bisa saya mengerti kemudian saya pelajari. Berikut bahasa gaul yang membuat bingung yang berhasil saya kumpulkan dari mbah google untuk sobat blogger pemula


1. WOLES

Buat sobat Umbara yang suka berkicau di akun Twitter mungkin sering membaca tulisan ini. Apa yang tersirat pertama kali ketika sobat baru membaca tulisan woles? Usut punya usut kata woles ini berasal dari bahasa inggris slow yang di baca terbalik. Slow yang jika kita ucapkan menjadi selow ini oleh anak muda gaul di baca terbalik yang mengandung arti santai, kalem, biasa aja.

2. KEPO

Apa sih yang di maksud dengan kepo oleh para anak gaul? Lagi-lagi bahasa gaul ini di adopsi dari bahasa inggris, namun kali ini bukan seperti bahasa gaul woles yang di baca terbalik dari kata slow. Melainkan sebuah singkatan dari kalimat Knowing Every Particular Object yang kurang lebih artinya serba ingin tahu alias kayak yang mau tau ajaa..

3. PERTAMAX

Bahasa gaul yang satu ini menurut informasi yang saya baca berasal dari forum KASKUS. Dimana pada mulanya kata pertamax berawal dari kata pertama dan kali (pertama x) yang biasanya jika ada trit baru otomatis orang yang komentar pertama menjadi komen pertama kali alias pertama x.
Seiring dengan berjalanya waktu dan bertambahnya rasa malas maka kalimat pertama kali alias pertama x menyambung tanpa memencet tombol spasi.
Akhirnya lambat laun berubah menjadi pertamax yang sering kita lihat di forum KASKUS dan menyebar ke duania maya yang lain.

4. GALAU

Sobat Umbara pasti tidak asing dengan istilah yang satu ini, sering di jadikan status facebook oleh anak muda masa kini ketika hatinya sedang berkecamuk dalam berbagai masalah. Apa sih arti dan maksud dari kata galau ini?
Dari pemahaman yang saya peroleh Galau itu adalah perasaan yang muncul ketika apa yang tersirat dalam hati tidak sesuai dengan apa yang tersurat dalam
lembaran kehidupan. Yang intinya galau itu adalah perasaan tidak jelas
yang timbul disaat kita merasa bersalah,
merasa merindukan sesuatu, atau disaat
menginginkan sesuatu yg sulit untuk
didapatkan yg pada akhirnya kita menjadi hilang arah.

5. LEBAY

Kita sering mendengar kata ini dari anak gaul dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa sih maksud dari perkataan ini? Berikut penjelasanya. Kata lebay Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan” yang biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang gaya bicara dan penampilanya berlebihan alias norak.

6. CEKIDOT

Bahasa gaul yang biasa kita lihat di acara televisi seperti acara musik, berita, dan gosip ini sebenarnya adalah plesetan dari bahasa inggris 'check it out' yang artinya
'silakan dilihat'. Mungkin karena kebiasaan anak gaul dalam mengolah bahasa sehingga kalimat check it out ini di rubah menjadi cekidot (ada-ada saja).

7. REMPONG

Rempong adalah sebuah istilah bahasa yang berarti Ribet, atau terlalu repot.
Bahasa gaul ini biasanya di ucapkan ketika dalam keadaan buru-buru sementara keadaan kita direpotkan oleh keadaan yang lain.

8. ALAY

Alay dalam bahasa gaul ada yang mengatakan singkatan dari Anak LAYangan, lebay berlebihan, subjektif
menunjuk seseorang memiliki paradigma dan sikap yang berlebihan dalam menanggapi sesuatu, bisa juga dengan gaya bahasa dan gaya menulis yang keterlaluan anehnya.
Alay biasanya menjadi sebutan untuk anak gaul yang biasa di sebut dengan istilah anak alay.

9. KONGKOW

Bahasa gaul yang di ambil dari bahasa jawa 'nongkrong' yang bermakna kurang lebih duduk-duduk di pinggir jalan atau suatu tempat yang biasa di gunakan untuk tempat kumpul (dipakai untuk melakukan aktifitas kumpul-kumpul bareng temen-temen)

10. POSKUL

Sebuah bahasa gaul yang lagi-lagi merupakan plesetan dari kata pulang sekolah (POlang SKULah) yang kadang juga berlaku buat menyatakan pulang kantor.

Tentunya masih banyak lagi bahasa gaul yang akan terus bertambah mengikuti  arus zaman, jika sobat ingin menambahkan silahkan share bahasa gaul sobat pada kolom komentar....
Advertise Here
By adjieumbara.blogspot.com
300x250

Klik disini untuk berkomentar 8 komentar:

avatar

Ijin Follow blog ini gan :)

avatar

Dengan senang hati, silahkan untuk menjaga silaturahmi. (o)

avatar

bahasa yang digunakan oleh anak-anak muda jaman sekarang memang aneh-aneh ya mas... jadi bngung untuk menafsirkannya :)

avatar

Yup, ini sudah menjadi tuntutan zaman jadi mau tidak mau kita harus mau, hehe :))

avatar

Wah itu namanya pemaksaan mas. Nggak mau ah ikut-ikutan tapi malah yang diikuti nggak jelas. Saya masih setia sama Bahasa Indonesia yang asli hehe :)

Berkomentarlah dengan bijak karena setiap perkataan yang kita ucapkan merupakan cermin pribadi seperti apa diri kita..

Terima kasih atas komentar Anda