Menunggu...

Cara Menyiasati Backlink Tidak Alami

Menyambung dari dari artikel sebelumnya kali ini blogger pemula ingin membahas tentang bagaimana cara menyiasati backlink tidak alami pada blog, cara ini adalah upaya untuk meyangkali tautan yang terlihat tidak alami di mata Google.

Pada dasarnya menyiasati backlink tidak alami ini adalah dengan mengahapus backlink dari sumbernya. Oleh karena itu sebelum melakukan bersih-bersih backlink ada baiknya sobat memperhatikan beberapa penilaian sebelum melakukan penghapusan, antara lain :
  1. Menentukan backlink mana yang relevan dengan blog sobat. Hal ini penting untuk memastikan apakah backlink perlu di hapus atau tidak, jika backlink dirasa relevan dengan blog sobat maka mungkin sama sekali tidak diperlukan penghapusan, kemungkinannya backlink dari website lain atau backlink menuju halaman artikel yang membuat sobat mendapatkan surat peringatan. Saatnya menyelidiki halaman artikel yang mendapat banyak backlink dari variasi domain yang sedikit tadi.
  2. Menggunakan kata kunci yang tertarget, sehingga tidak perlu buru-buru menghapus backlink yang dimaksud. Mungkin sobat bisa mengubah kata jangkar dari link tersebut.... Misalnya dengan meminta bantuan dari pemilik blog yang bersangkutan.
  3. Kalau backlink itu berasal dari kolom tukaran link atau dari footer, mungkin bisa dimasukkan dalam daftar backlink yang harus disangkali. (Khususnya untuk tukaran link tentunya sobat juga harus siap-siap menghapus link mereka di blog sobat)
Setelah selesai melakukan penilaian terhadap backlink-backlink, sekarang sobat tinggal menyiasati dengan cara menyangkali backlink yang sobat masukkan ke dalam daftar link "meragukan". Hal ini adalah langkah yang cukup berat yang kebanyakan orang ragu untuk diambil. Tapi sobat tidak punya banyak pilihan jika trafik blog terus saja jatuh.

Kembali ke topik pembahasan bagaimana cara menyiasati backlink tidak alami.

Jika sobat sudah selesai mengumpulkan daftar link yang diyakini bermasalah, sekarang sobat tinggal menyiasati dengan cara menyangkali tautan yang bermasalah tadi.
Berikut cara yang bisa sobat lakukan :
  1. Buatlah sebuah file txt dengan menggunakan notepad
  2. Isi file tersebut dengan URL-URL backlink tidak alami yang ingin sobat sangkali.
  3. Perhatikan aturannya bahwa satu baris untuk 1 URL. Jika sobat ingin menyangkali semua backlink dari domain tertentu, gunakan operator domain: www.namadomain.com.
Contoh isi file txt :

http://contohdomain.blogspot.com/2013/09/contoh-link-postingan.html
http://contohdomain.wordpress.com/contoh-link-postingan.html
domain:contohdomain.com
domain:www.contohdomain.com
domain:adjieumbara.blogspot.com 

Simpan file txt yang berisi daftar link tadi dengan nama apa saja.
Langkah selanjutnya adalah sebagi berikut :
  • Pilih blog yang ingin sobat sangkali tautannya dari dropdown
  • Klik MENOLAK TAUTAN
  • Pada tampilan baru klik MENYANGKAL TAUTAN


  • Klik Pilih File (1) dan pilih file txt yang tadi sobat buat di notepad

  • Jika sudah, silahkan klik KIRIM (2)
  • Setelah semuanya terkirim silahkan klik SELESAI (3)
Setelah semua file terkirim, sobat tinggal menuggu hasil laporan dari Google.
Semoga artikel ini bermanfaat...
Advertise Here
By adjieumbara.blogspot.com
300x250

Klik disini untuk berkomentar 17 komentar:

avatar

oh kegunaan tool google disavow, saya baru tahu gan. thank :)

avatar

Ya nih sob, saya juga baru tahu, hehe..
Selamat datang kembali.. (h)

avatar

Boleh dicoba jugan nih gan caranya, biar mengurangi backlink tidak alami :)

avatar

Ok silahkan.. salam kenal

avatar

;(( saya banyak muncul communistats[dot]com, itu apa ya kangmasbro? tau nggak? kalo search blog saya ke google juga, muncul banyak banget itu... saya masih bingung itu apa. @-)
Makasih (c) (c) (c)

avatar

Setahu saya CommuniStats[dot]com adalah web statistik sama halnya alexa ataupun google analytics, kemungkinan blog sobat masuk dalam TOP PAGES TODAY pada web tersebut sehingga banyak mendapatkan backlink dari sana? saya juga kurang mengerti... :-?

avatar

waduh kalau saya masalah backlink belum begitu paham master...

avatar

Kalo seperti alexa saya gak bingung kangmasbro... lah ini agaj aneh... saya coba ketik "Insinyur Pikun" di google yang keluar malah itu. @-)

avatar

Kenapa harus bingung? justru masbro ini di untungkan bukan? itu kan hasil dari blogwalking masbro selama ini.. sehingga masbro banyak mendapatkan backlink dari blog lain yang pernah masbro kunjungi dan meninggalkan jejak..
Semangat.... (o)

avatar

Saya belum pantes di panggil master :) saya ini masih newbie dan masih butuh belajar,hehe.. salam kenal zob..

avatar

Nah permsalahannya kangmasbro selama satu tahun ini aku benar-benar vakum ngeblog, bahkan sekedar blogwalking
dan aku gak pernah masukin konten apapun kesana, yang menyebalkan itu ya yang terindeks bukan blogku, tapi web tersebut

avatar

wah saya nggak paham soal backlink mas,. pokoknya ngeblog asal nulis aja hehehe :D

avatar

Sob, setelah saya cek di search engane google semuanya saling berkaitan ko mengarah ke blog sobat? 8-)

avatar

Saya juga masih belajar sob, hehe

avatar

update artikel yang lebih keren lagi sob, saya tunggu :D

avatar

Tunggu saja pada episode berikutnya.. :-)

Berkomentarlah dengan bijak karena setiap perkataan yang kita ucapkan merupakan cermin pribadi seperti apa diri kita..

Terima kasih atas komentar Anda