Menunggu...

David Karp Sang Milyarder Muda

David KarpSecara resmi pada tanggal 20 Mei 2013 Kepala Eksekutif  (CEO) Yahoo Marissa Mayer mengumumkan telah mengakuisisi Tumblr dengan harga fantastis sebesar 1,1 Milyar USD atau sekitar 10 Trilyun Rupiah.
Sebuah angka yang wah untuk pemuda yang baru berusia 26 tahun (David Karp) sang pendiri Tumblr, apa itu Tumblr? Tumblr adalah ebuah platform microblogging gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memosting tulisan, foto, quote, video, chat, audio dan link. Lebih jelasnya seperti blogspot atau wordpress.

David Karp telah membuktikan bahwa dengan kemauan dan kerja keras seseorang bisa meraih kesuksesan pada usia muda sekalipun, dengan kegigihan yang dia tekuni selama 6 tahun kini telah menuai hasil. Dunia internet telah menjadikanya seoarang miliuner muda dan terkenal.

Berikut perjalanan David Karp dalam menciptakan Tumblr  berharga 10 Trilyun yang penuh inspirasi. David Karp lahir pada tanggal 6 juli 1986 di New York City, Amerika Serikat. Ayahnya seorang komposer musik film dan televisi bernama Michael D. Karp, sedangkan ibunya Barbara Acherman adalah  seorang guru sains di The  Calhoun School di kota Manhattan, New York.
Karp mulai bersekolah pada usia 3 tahun dimana usia sedemikian dini itu mengharuskan ibunya membawa serta ke sekolah sambil mengajar. Bakat Karp di bidang sains begitu tinggi, Karp mulai belajar bahasa pemrograman  internet HTML pada usia 11 tahun. Tak lama kemudian  ia sudah bisa membuat website untuk beberapa perusahaan di kota Manhattan.

Melihat bakat Karp di bidang sains begitu luar biasa orangtuanya kemudian memasukkan Karp ke sekolah khusus sains bernama Bronx High School of Science atau yang lebih di kenal sebagai Bronx Science di Bronx, New York. Selama setahun duduk di bangku sekolah membuatnya merasa tidak nyaman yang kemudian Karp memutuskan untuk keluar dan memilih homeschooling. Alasanya cukup sederhana, saat itu ibunya berkenalan dengan salah satu orang tua muridnya yang memiliki studio animasi bernama Fred Seibert, dia adalah pemilik Frederator Studio yang memproduksi film kartun seperti untuk Nickelodeon, Nicktoons, Cartoon Network, dan sebagainya. Waktu bertemu Seibert, Karp langsung bertanya, boleh tidak berkunjung ke studionya. Ternyata boleh. Pada kunjungan pertama Karp langsung terkesan akan komputer-komputer canggih di area studio. Agar bisa berkunjung tiap hari ia harus keluar dari sekolah dan memilih homeschooling .

Perkenakan dengan Fred Seibert ternyata membuka jalan untuk seorang Karp untuk memulai karirnya. Suatu ketika seorang pengusaha bernama John Malone yang mengelola forum parenting UrbanBaby mencari seorang teknisi untuk mengembangkan forum web. Yang kemudian salah seorang staf di Frederator merekomendasikan Karp. Maka ia pun mendapat proyek pertamanya itu yang ia kerjakan hanya dalam waktu sehari (tepatnya empat jam). Malone kemudian memberikan saham pada Karp sebagai imbalanya.

Tahun 2006 Malone menjual UrbanBaby ke CNET, jaringan media internet. Karp mendapat bagian dari penjualan sahamnya. Dari uang itulah ia mendirikan perusahaan konsultansoftware bernama Davidville. Ia bahkan sudah mencari programmer lain untuk membantu mengembangkan bisnisnya. Datanglah Marco Arment (belakangan mengembangkan web sendiri) setelah membaca iklan Karp di websiteiklan Craigslist.

Namun rupanya perusahaan itu kurang berhasil. Pada saat itu ia memimpikan membuattumblelogs (bentuk blog yang lebih sederhana). Maka lahirlah Tumblr yang diluncurkan pada November 2007. Sejak diluncurkan, Tumblr mulai menjadi alternatif pengguna blog karena lebih simpel. Dan momentum terbaiknya
terjadi ketika bencana topan Sandy melanda sisi timur Amerika, termasuk New York, pada Oktober 2012.
Bencana itu membuat sejumlah perusahaan media seperti Huffington Post, Gawker, dan BuzzFeed yang bermarkas di New York harus offline.

Untuk melayani para pembacanya ketiga media itu meminta Tumblr menayangkan edisi sementaranya di Tumblr. Saat ini Tumblr mengelola sebanyak 86 juta blog dengan jumlah halaman yang dilihat mencapai 18 juta halaman setiap bulannya. Tambahan blog-nya mencapai 120.000 blog sehari. Secara bisnis, Tumblr disebut Majalah Forbes memiliki nilai perusahaan sebesar US$800 juta atau sekitar Rp7,6 triliun. Karp memiliki 25% saham sehingga kekayaan pemuda kelahiran 6 Juli 1986 ini mencapai US$200 juta atau sekitar Rp2 triliun sebelum Tumblr di akuisisi Yahoo. Luar Biasa!

Dari berbagai sumber.
Advertise Here
By adjieumbara.blogspot.com
300x250

Klik disini untuk berkomentar 0 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak karena setiap perkataan yang kita ucapkan merupakan cermin pribadi seperti apa diri kita..

Terima kasih atas komentar Anda