Menunggu...

5 Langkah Penting Untuk Merampingkan Alexa

5 Langkah Penting Untuk Merampingkan Alexa
Hari ini saya sangat bergembira karena blog yang saya kelola kini menempati alexa rank pada posisi 989.270 yang mudah-mudahan terus mengecil hingga dikisaran 10.000 an ( hehe.. berharap boleh kan untuk motivasi diri.. ), tentunya hal ini subuah kesenangan mengingat pada awal saya mengenal alexa posisi alexa rank blog saya diatas 3,7 juta ( hehe jadi ingat masa lalu nih.. ).

Nah dalam kurun waktu 1 bulan belakangan ini saya selalu berusaha untuk lebih aktif didunia blogging guna melakukan usaha untuk merampingkan alexa yang mana pada saat itu masih dikisaran 2,4 jutaan, saya terus mengali informasi tentang bagaimana membuat langkah penting untuk merampingkan alexa dengan cepat dan tentunya alami ( tidak melakukan pelanggaran tos ).

Berangkat dari pengalaman 1 bulan inilah saya merumuskan tentang 5 langkah cara tepat dan penting untuk merampingkan alexa rank pada blog, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat tentunya untuk para pengunjung setia blogger pemula.

Berikut 5 langkah sederhana dan alami untuk merampingkan alexa yang saya maksud :

  • Langkah penting pertama adalah memasang alexa toolbar pada blog
Mungkin sahabat blogger bertanya-tanya kenapa alexa toolbar saya taruh pada bagian penting yang pertama, begini... menurut pendapat saya ini adalah kal terpenting yang harus sobat lakukan untuk merampingkan alexa rank, kenapa? dengan sobat memasang Alexa Toolbar ini pada blog tentunya akan memudahkan alexa untuk mengenali blog sobat dimana mesin alexa bekerja secara otomatis menilai setiap lalulintas yang terjadi pada blog sobat, hal ini juga berdampak semakin baik karena membuat traffic blog meningkat yang akan menghasilkan backlink keyword / query google pada Alexa blog sobat.
Untuk sobat yang belum tahu cara memasang alexa toolbar sobat bisa membaca artikel saya Disini

  • Langkah penting kedua submit artikel sobat ke Webmaster tools
Hal ini sangat diperlukan untuk merampingkan alexa, karena dengan mendaftarkan/memasukkan artikel sobat pada Webmaster tools. Maka artikel sobat mudah di kunjungi/dapat dengan mudah terindeks di search engine Google. Dengan cara ini juga sobat bisa mendapatkan Backlink dari pengunjung, dan cara ini bisa dan pasti akan merampingkan angka dari Alexa rank blog sobat.

  • Langkah penting ketiga sering-seringlah berkomentar di blog aktif
Langkah ini sangat mendukung usaha sobat untuk merampingkan alexa, karena dengan sobat berkomentar diblog aktif terutama pada postingan terbaru sobat akan mudah mendapatkan backlink yang mana akan diteruskan ke Alexa sebagai laporan bahwa blog sobat dianggap penting di search engane sehingga secara otomatis merampingkan alexa rank blog sobat. Jangan lupa segera verifikasi alexa sobat agar blog mudah dikenali dan diakui secara absah oleh pihak alexa.

Dalam hal ini saya membuktikan sendiri bagaimana pengaruhnya komentar pada alexa, padahal saya hanya melakukan blogwalking kurang dari 1 jam dalam sehari selama 2 minggu, hasilnya sungguh luar biasa saya bisa membayangkan bagaimana jika saya melakukan itu selama 3 jam dalam waktu 1 bulan penuh, tentunya hasilnya akan lebih dari yang sekarang (hehe.. ngarep...)

  • Langkah penting keempat lakukan ping secara berkala dan konsisten
Ini dia hal terpenting yang sering dilupakan oleh sahabat blogger, fungsi utama dari ping adalah untuk merefresh blog di search engine. Jadi jika sobat baru selesai mengganti template atau mengedit blog biaskan untuk melakukan ping agar tetap terindeks oleh Google.

Jangan melakukan ping secara berlebihan karena blog kita bisa dianggap sampah oleh Google, lakukanlah ping secara berkala dan konsisten minimal 1 kali sehari (hanya saran)

  • Langkah penting kelima share artikel sobat di sosial media
Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sosial media lainnya bisa sobat manfaatkan untuk merampingkan alexa rank. Kenapa? karena dengan kita share artikel kita ke media sosial memungkinkan calon pengunjung tertarik untuk membaca artikel secara keseluruhan, sehingga memungkinkan untuk mengunjungi blog sobat yang secara otomatis akan mendatangkan Backlink yang lebih banyak.

Apalagi jika sobat tergabung di Group-Group blogger yang tersebar di sosial media seperti facebook dan twitter, hal ini tentu akan lebih baik karena di samping sobat membagikan artikel, di situ juga sobat akan mendapatkan teman, dan dari pertemanan itulah sobat bisa melakukan blogwalking/silaturahmi sesama blogger untuk saling berbagi.

Semoga bermanfaat..
Advertise Here
By adjieumbara.blogspot.com
300x250

Klik disini untuk berkomentar 54 komentar:

avatar

langkah langkah yang jitu banget mas adji.
tapi logikanya apa ya instal toolbar alexa dengan peningkatan rank.
beberapa bulan lalu saya sangat mengidolakan alexa, sempat sampai 99.000
tapi artikel saya malah tidak ada di page one goole dan tidak serp, sekarang malah saya tinggalkan alexa saya enjoy dengan menulis, memperbaiki konten saya agar pembaca betah.
hehehehe

avatar

Pemikiranya sangat bagus mas Agus ini (o) menurut saya perampingan alexa itu biasanya untuk meyakinkan calon Advertiser agar tertarik dengan blog kita, terlepas dari semua itu adalah sebuah kepuasan tersendiri...
Tapi adakalanya penilaian Alexa itu terbentur dengan penilaian dari google yang mengakibatkan artikel kita dianggap sampah (tidak memiliki nilai) sehingga di lupakan oleh search engane khususnya Google.. contoh sederhana adalah tukar link..
Jadi menurut saya tergantung bagaimana tujuan pemilik blog itu sendiri :d

avatar

sepertinya kebalik deh sob, seharusnya submit dulu ke wemaster baru biasakan aktif blogging. Dan saya rasa dalam penggunaan alexa toolbar pun alexa rank saya terus turun hehe
maaf buat koreksinya, maaf bila salah :)

avatar

Terimaksih sahabat Intan Sudibjo atas koreksinya, itu menandakan sobat ini membaca secara seksama (tidak serampangan*red yang penting berkomentar) :) tapi hal yang biasa saya lakukan demikian sob malah terkadang saya sendiri lupa untuk submit :d thanks untuk kepedulian sobat terhadap artikel blog ini (o)

avatar

Wah kalo untuk urusan seputar blogging saya cuma bisa ikutan nyimak dan mencoba menerapkan tips dan trik dari beberapa sahabat seperti yang ada pada potingan blog ini. Terimakasih sob udah share informasinya bisa jadi pembelajaran buat saya nie :)

avatar

Terimakasih kembali sahabat Marnes semoga bermanfaat

avatar

Mantep ini tips nya mas. Kebetulan saya belum pernah submit posting ke Google Webmaster Tools dan juga belum pernah melakukan Ping. Untuk point-point yang lain sudah diterapkan semua. Jadi perlu dicoba nich untuk yang dua point ini agar bisa ramping alexa nya :)

avatar

Semoga berhasil mba Ririn :d

avatar

Secara eksplisit memang tidak rasional bahwa dengan pasang alexa toolbar di browser yang kita gunakan dapat melangsingkan alexa. Tapi kalau ditinjau secara komprehensif memang ada pengaruhnya terhadap ranking alexa. Dahulu saya juga menganggap hal ini sangat remeh dan tidak masuk akal. Tapi setelah saya pasang alexa toolbar di browser 2 bulan yang lalu, sedikit-banyak toolbar ini bisa lebih cepat merampingkan alexa :)

Situs alexa dalam memberi peringkat atas didasarkan pada trafik blog, informasi yang dikirim dari toolbar alexa, freakuensi update blog, dan masih banyak lagi.

Toolbar alexa ini tidak berpengaruh sama sekali terhadap angka alexa blog kita apabila di instal di Google Crhome, tapi kita ngeblog nya selalu pakai browser Mozila Firefox :)

avatar

kalo saya dulu yang pake toolbar yang ampuh, tapi sekarang alexa saya anjlok jadi 2000000 mas., hehhehe :d

avatar

wah mantap nih sob, saya sudah praktekkan. :D
oh iya gimana cara bikin rekomendasi untuk anda ?

avatar

105 buat mba Ririn :)) mengena... hehe

avatar

Saya jadi penasaran apa karena pengaruh dari algoritma hummingbird ya gan?? perlu di telusuri nih ... :d :)

avatar

Semoga bermanfaat sahabat Nur Abrar Isa..
Pada kesempatan lain mungkin akan saya share (o)

avatar

Kebetulan, aku juga lagi cari cara buat mendapat ranking alexa nih.. thank infonya

avatar

5 langkah sudah saya terapkan semuanya. terimakasih atas sharingnya.

avatar

berkomentar di blog aktif memang perlu sekali ya mas,,, sehingga akan terjadi saling komentar yg bisa menurunkan angka alexa dgn cepat...
makasih tipsnya yg bermanfaat (f)

avatar

wah selamat ya mas.. semoga rangking aleksanya makin ramping dan tambah sexy ya.. hehehe.. terus semangat ya mas..

avatar

Untuk di google chrome juga terdapat exsistensi alexa juga dan saya juga merasakannya sobat.

avatar

Saya ingin menmbahkan alasan mengapa submit ke webmaster terlebih dahulu, karena supaya mempermudah dalam index google karena salah satu faktor alexa yang ramping juga berasal dari mesin pencari.

avatar

saya juga nyimak juga karena saya juga pernah membuat postingan sejenis ini.

avatar

submit posting dan ping merupakan salah satu pendongkrak istilah mudahnya memberi tahu google dkk diblog kita ada artikel baru.

avatar

sama-sama mas Adjie, apa yang kata ikerenki betul adanya. :)

avatar

kebetulan alexaku kian hari kian membengkak nih....praktekin ke 5 poinnya gituh ya?!

avatar

Alexanya kang lembu kebanyakan makan kali makanya jadi bengkak hehehe :D

avatar

Gitu ya mas, coba ta' praktekin ah.... :)

avatar

saya tunggu posting barunya mas Adjie x-)

avatar

Silahkan dicoba semoga berhasil :)

avatar

Terimaksih kembali sahabat Djangkar :d

avatar

Ya benar banget mba Indri makanya kita harus saling tegur sapa agar alexa tetap terjaga :))

avatar

Amin.. mudah2an sahabatku.. :)

avatar

Iya apalagi kalau makanya ubi madu cilembu,, hehe :)

avatar

kebetulan kang, saya sangat perlu tips ini. Soalnya alexa satya gendut lagi, cepet lagi. entah knapa.

avatar

Silahkan diminum sob kopinya (c) (c) maaf nih tuan rumah hanya bisa menyediakan kopi buat teman ngobrol.. :d

avatar

Mudah-mudahan berhasil sahabat Azie :)

avatar

Saya juga pengguna chorme sob, terimaksih untuk infonya.. :)

avatar

oh, kalau ngeping harus rutin ya? saya baru tahu ini :/ selama ini cuma ngeping sekali aja, tapi sekaligus banyak

avatar

5 Poin di atas memang bener-bener bagus yah untuk melangsingkan alexa ^^

avatar

Wah ada mbak ririn juga yah :) banyak sekali sahabat saya yang mampir di blog ini

avatar

Kira-kira seperti itu sob, hehe thanks :d

avatar

Ya sekarang saja alexa blog ini sudah berubah lebih langsing lagi :)

avatar

Selamat datang sahabat M. Luthfi (c)

avatar

mbak Ririn kenapa kok pakai firefox kalo crhome berkhasiat rampingkan alexa :)
saya skrg pakai chrome, dulu pakai mozila, 22nya punya kelebihan n kekurangan (f)

avatar

Saya ikut menyimak juga sambil mempraktekkan kelima langkah penting diatas,siapa tau alexa rank saya juga bisa semakin langsing seperti blog ini.

avatar

ikut nyimak gan, . he he (h)
tinggal aktif ngeblog aja, ntar juga turun sendiri he he, .. :p

avatar

Lihat alexa rank blog saya sudah semakin langsing dari sebelumnya, selahkan sahabat Felix semoga berhasil :)

avatar

ada langkah yang paling simpel tapi dampaknya luar biasa ke aleksa kita....masuk ke komunitas KPK...coba in dah gih

avatar

denger-denger katanya kalau blog yang mempunyai ranking alexa ramping, maka nilai jual nya tinggi ya mas? bener nggak sih hmmm :)

avatar

Referensi yang bisa dipertimbangkan, terimakasih Kang :)

avatar

kalau saya pribadi lebih tertarik dengan blog yang ber pagerank tinggi dari pada alexa ramping, karena menurut penilaian saya alexa ramping lebih mudah diperoleh dari pada pagerank :)
Masalah nilai jual kita kembali ke pangsa pasar.. :d

avatar

owh getu ya mas. Tapi bener juga sih. Lebih sulit pagerank. Nggak tahu kenapa pagerank blog saya masih saja N/A alias Not Availabel hmmm :D

Thanks ya atas pencerahannya :)

Berkomentarlah dengan bijak karena setiap perkataan yang kita ucapkan merupakan cermin pribadi seperti apa diri kita..

Terima kasih atas komentar Anda