Menunggu...

Waspada! Pengaruh Backlink Tidak Alami

Sahabat blogger pemula harus waspada terhadap backlink tidak alami pada blog kita, istilah yang sering kita sebut dengan unnatural backlink ini berpengaruh besar tarhadap penurunan peringkat blog dimata google.
Alasanya sangat sederhana yakni kita di anggap melakukan usaha mencari backlink secara curang (tidak alami), biasnya berasal dari IKLAN tidak resmi, BLOGROLL, TUKARAN LINK, LINK PADA FOOTER, dan sebagainya.

Berikut salah satu peringatan dari Google dalam bahasa inggris yang mungkin pernah sobat terima :

surat peringatan backlink tidak alami dari Google

Jika sahabat pernah mendapat pemberitahuan seperti ini, itu artinya blog sahabat sedang bermasalah dengan backlinknya. Sahabat harus segera mengatasi masalah ini, jika tidak maka blog sahabat bisa mendapatkan kerugian berupa penurunan peringkat. Itu artinya penurunan pengunjung dalam jumlah besar sedang di alami blog sobat yang berarti keeksisan blog sedang di pertaruhkan..

Apakah sobat akan diam saja menyaksikan permasalahan ini? jika ya maka siap-siaplah untuk gulung tikar dari dunia blogging (hehe kaya usaha aja gulung tikar.....)
Jika jawaban sobat tidak lalu bagaimana solusi dan cara mengatasinya???

Berikut  blogger pemula mencoba untuk mengulasnya..

Cara yang paling sederhana untuk mengatsi pengaruh backlink tidak alami ini adalah dengan memeriksanya di Google Webmaster Tools, prosedur yang sangat standar di mana sobat harus mengetahui jumlah backlink dari blog sobat.
Jika sobat pengguna wordpress, maka di sinilah titik pentingnya dimana sobat harus mendaftarkan blog sobat ke Google Webmaster Tools. Sedangkan untuk pengguna blogspot seperti blogger pemula ini sobat secara otomatis sudah terdaftar, jadi sobat tinggal buka Webmaster Tools menggunakan akun Google sobat.

Setelah Google Webmaster Tools terbuka lakukan langkah-langkah berikut  :
  • Pilih salah satu blog yang ingin sobat periksa (jika sobat memiliki beberapa blog dalam satu akun)
  • Selanjutnya sobat buka Lalu Lintas Penelusuran pada menu alat webmaster (letaknya sisi kiri pada layar komputer/laptop),  perhatikan gambar di bawah :

  • Setelah jendela lalu lintas penelusuran terbuka klik pada bagian Tautan ke Situs Anda (lihat gambar di atas) maka halaman baru akan terbuka pada sisi sebelah kanan, contohnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini

  • Lihat contoh di atas.... Apakah sobat mempunyai backlink yang begitu dominan dari satu domain tertentu? Pada gambar di atas dari total backlink 86 ada 44 yang berasal dari satu domain saja. Jika sobat mempunyai backlink seperti ini, maka ini adalah indikasi pertama bahwa ada banyak hal yang harus sobat perbaiki dari backlink sobat.
  • Selanjutnya lihat ke bagian samping (kanan) di mana ada "Konten yang paling banyak ditaut". Silahkan sobat klik Selengkapnya pada bagian bawah bagian tersebut. Dan sobat akan dibukakan halaman baru yang memperlihatkan halaman-halaman mana saja dari blog sobat yang mendapatkan paling banyak backlink. Perhatikan contoh di bawah ini



  • Pada contoh kasus di atas kita bisa menilai bahwa ada tautan sebanyak  44 yang berasal dari 14 domain sumber, dan ada juga 11 tautan yang hanya berasal dari 1 domain sumber. Ini berarti kita memiliki backlink yang kurang baik yang akan berpengaruh pada pringkat Google.


Jika sobat mengalami backlink yang tidak alami seperti ini ada baiknya sobat mewaspadai beberapa hal berikut...

  1. Pertama sobat harus memperhatikan berapa jumlah backlink yang menuju homepage blog sobat. Jika backlink yang menuju homepage terlalu banyak sementara backlink menuju artikel-artikel begitu sedikit, maka indikator ketidaksehatan backlink sobat bertambah.
  2. Kedua sobat harus memperhatikan jumlah domain dari backlink suatu halaman. Perhatikan contoh di atas, dimana ada suatu halaman yang mendapatkan 11 backlink hanya dari 1 domain saja. Hal ini seringkali menjadi sumber dari sanksi Google, karena dianggap berasal dari IKLAN tidak resmi, BLOGROLL, TUKARAN LINK, LINK PADA FOOTER, dan sebagainya.

Jika faktor di atas terjadi pada blog sobat, maka pantas saja sobat menerima email peringatan unnatural backlink dari Google. Backlink sobat mungkin terlihat mencurigakan atau mungkin saja bukan backlink yang berkualitas.

Jadi bagaimana solusi dan cara mengatasi masalah ini? Cara mengatasinya cukup sederhana yaitu menyangkali tautan yang terlihat tidak alami. Bagaimana caranya? kita akan ulas bersama pada artikel selanjutnya...

Semoga atikel tentang waspada pengaruh baclink tidak alami ini bermanfaat, jika sahabat ingin menambahkan silahkan masukkan pada kolom komentar dii bawah. Terimaksih....
Advertise Here
By adjieumbara.blogspot.com
300x250

Klik disini untuk berkomentar 6 komentar:

avatar

Kok alat webmasternya beda ya kangmasbro...
Alat webmasterku cuma ada Beranda, Semua pesan, Lab, Alat Tambahan --> Alat pengujuan data terstruktur, Pemandu markup data terstruktur, Google places, Google merchant center. @-)

avatar

Eh sudah ketemu kangmasbro hehehehe.... :-d :>)
Teimakasih atas postnya, sangat membatu mengingatkan (h)

avatar

aduhh... ngeri juga bacanya sob :o

avatar

Sama2 sob semoga dengan kita saling mengingatkan silaturahmi akan tetap terjaga...

avatar

heheee :) Gak usah di anggap serius ini hanya kemungkinan...

Berkomentarlah dengan bijak karena setiap perkataan yang kita ucapkan merupakan cermin pribadi seperti apa diri kita..

Terima kasih atas komentar Anda