Menunggu...

3 Kesalahan Saat Blogwalking

Kesalahan Saat Blogwalking
Sahabat blogger pemula yang baik hatinya, aktifitas blogwalking sebagaimana yang kita ketahui bersama merupakan kebutuhan pokok pemilik blog, dimana pengaruhnya untuk meningkatkan traffic blog sekaligus menjaga silaturahmi antar pengguna.

Dengan blogwalking kita juga bisa menemukan inspirasi untuk membuat sebuah artikel disaat hati sedang tak bersahabat.
Manfaat lain dari blogwalking adalah untuk mendapatkan backlink yang tentunya berguna untuk meningkatkan optimasi blog di search engane.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dari blogwalking tentunya kita harus bisa memanfaatkan keadaan agar apa yang kita usahakan berhasil.
Namun demikian, dalam aktifitas yang penuh manfaat ini tidak jarang diantara sahabat-sahabat kita melakukan kesalahan saat blogwalking, bahkan bisa dibilang kesalahan ini sangat vital karena pengaruhnya sangat besar terhadap masa depan blog. Apa saja kesalahan itu? saya akan merangkumnya dalam 3 hal kesalahan saat blogwalking.


  • Kesalahan pertama adalah mengatakan "kunjungan balik" saat berkomentar
Hal ini terdengar sepele, namun pengaruhnya menurut saya sangat besar terhadap kualitas blog yang kita kelola. Dengan mengatakan "kunjungan balik" atau lebih lengkapnya "ditunggu kunjungan baliknya" atau lebih lucunya lagi "ditunggu kunjungan baliknya ada artikel baru loh.." dan bla-bla-bla.. disaat kita berkomentar seolah-olah kita mengharap belas kasihan hanya untuk mendapatkan kunjungan balik.

Padahal secara logika jika kita mau mengenali karakter pengguna blog (blogger /blogging) tanpa disuruh pun mereka (pemilik blog yang di komentari) akan melakukan kunjungan balik, karena disamping untuk menjaga silaturahmi aktifitas ini merupakan sebuah butuhkan yang akan terus dilakukan untuk mendapatkan backlink dan pengunjung blog sebanyak-banyaknya.

Karena dengan melakukan kunjungan balik blog kita akan semakin dikenal, hal ini juga akan dilakukan pengguna lain sehingga tercipta mata rantai yang akan saling berkaitan, jadi mulai sekarang lebih cerdaslah dalam berkomentar.

  • Kesalahan kedua adalah melanggar aturan dalam berkomentar
Aktifitas blogwalking seperti inilah yang membuat saya heran, sudah jelas menaruh link dalam komentar dilarang tapi tetap nekat melakukanya. Melakukan promosi bukan pada tempatnya dan yang anehnya lagi hal ini dia lakukan pada blog lain dengan kalimat yang sama. Hehe jadi ingin tertawa..

Padahal dalam kenyataanya banyak blogger yang menyediakan fasilitas open ID untuk memudahkan blogwalking, tapi sepertinya hal ini tidak dihiraukan atau mungkin memang belum tahu fungsinya.
Saya jadi tidak mengerti padahal kebanyakan dari mereka sudah mengenal blogger cukup lama..

Apapun bentuknya (link hidup/link mati) tidak dibenarkan menaruh pada kolom komentar, terkecuali jika hal ini sangat dibutuhkan itupun harus melalui izin pemilik blog

  • Kesalahan ketiga adalah komentar asal-asalan
Saya sering menjumpai sebuah komentar yang kalimatnya tidak nyambung dengan isi artikel, dan biasanya hal ini dilakukan oleh orang yang sama pada blog-blog yang berbeda. Biasanya dalam berkomentar mereka hanya mengatakan kalimat pendek seperti "nice share", "sangat bermanfaat", "terimaksih sudah berbagi", atau "terimaksih master untuk pencerahanya" dan kalimat-kalimat pendek lainya tanpa membaca isi artikel yang mereka kunjungi dan mereka komentari.

Tujuan sangat jelas hanya ingin mendapatkan backlink dari blog yang dikomentari, lalu apakah cara ini baik untuk mendapatkan backlink?
Kalau tujuanya hanya untuk mendapatkan backlink tentunya cara ini sah-sah saja tapi tentunya bukan backlink yang berkualitas, itu menurut saya bagaimana menurut sahabat?

Biasanya para pemburu backlink (tidak berkualitas) melakukan cara ini tanpa mempertimbangkan hal lain seperti etika bertamu, menghargai orang lain dan adab dalam pergaulan.
Mereka (para pemburu backlink tidak berkualitas) tidak mengerti apa arti silaturahmi, apa arti persahabatan dan apa arti bermasyarakat.

Tentunya pandangan ini hanya sebuah opini pribadi dari admin yang memiliki kemampuan terbatas, dan tentunya sahabat memiliki pandangan yang berbeda bukan? silahkan sampaikan pandangan sahabat semua pada kolom komentar dibawah..
Semoga bermanfaat.
Advertise Here
By adjieumbara.blogspot.com
300x250

Klik disini untuk berkomentar 109 komentar:

avatar

saya juga pengen nyengir kalo baca atau liat komen yang sama di beberapa blog berbeda dengan user yang sama pula wkwkwk :D

avatar

Mungkin yang paling fatal adalah kesalahan menaruh link hidup dalam komentar, Sob. Apalagi sudah diberi notifikasi agar tidak melakukannya. Kecuali, jika admin tdak mencantumkan aba-aba...Bukankah begitu, Sob?

avatar

hahahahahahahaha, bener sih gan bnyakan klo koment numpang duduk doank eh malah ninggalin sampah .... :d

avatar

mungkin karena terlalu semangat twuh orang sob :-D jd lupa ma peraturan ckckck

avatar

Salah satu hal untuk meningkatkan trafik satu blog memang blogwalking, tapi kadang saya gak bisa terima dengan beberapa blog yang udah punya rating tinggi, sesering apapun kita blogwalking tapi tetap aja blog kita tidak pernah mendapat kunjungan balik, ya walaupun gak mengharap sih tapi saya kemudian berpikir, agak sedikit 'arogan' kalau seperti itu, ataupun mungkin lagi sibuk atau gimana saya juga gak tau sih :(, jujur buat saya pribadi sesibuk apapun saya, setiap yang datang ke blog saya untuk berkomentar sebisa mungkin saya pasti akan melakukan kunjungan balik, maaf sob kebanyakan nih, semoga artikel ini bisa menjadi pengertian yang baru buat para blogger (h) cheer

avatar

karena terburu buru jadi tidak bisa menulis banyak ehhee

avatar

Tiap manusia mempunyai sifat yang berbeda-beda sob, walaupun ada yang sebenernya tau aturan main yang benar saat blogwalking tapi tak jarang pula hal tersebut terabaikan, kembali lagi ke pribadi masing-masing... :)

avatar

hehehe alhamdulillah kalau untuk poin 1 dan poin 2 saya tidak pernah melakukannya mas.. tapi untuk poin 3 saya rasa semua blogger pernah melakukannya di saat awal awal ngeblog dulu... hehehehe..

avatar

Menjadi seorang newbie kadang kala kita belum begitu memahaminya...kadang saya berfikir sendiri kok ya pada salibg kunjung-mengunjungi dan inu selain kita menambah sahabat kta juga dapat menaikkan PR...
terimakasih ya mas dah ngingetin maklum saya masih newbie..

avatar

kalau itu dilakukan ketika baru belajar ngeblog saya kira wajar-wajar saja. Karena mungkin hanya sebatas itu pengetahuan dan pemahaman ketika blogwaking.

Tetapi bila sudah lama punya blog dan sedikit banyak mengetahui akan penerapan SEO dan hanya sekedar karena alasan tujuan memburu backlink saya kira itu yang keliru.
Backlink perlu akan tetapi membabi buta mencari backlink tanpa mengenal akan etika seorang blogger itu juga yang saya kira kurang pas.
Semoga banya sahabat-sahabat blogger yang membaca yang mendapatkan banyak pengetahuan yang benar ketika melakukan aktifitas blogwalking. Yang pasti silaturahmi dan mengenal sahabat-sahabat blogger dengan berbagai macam karakter dan latar belakang konten-konten dalam blognya itu yang lebih banyak memberikan inspirasi dalam dunia blogger.
Salam kenal dan salam persahabatan kawan...

avatar

Saya kadang masih melakukan yg nomer 3 karena terburu" sampai lagi males...hehe

avatar

Saya kadang masih melakukan yg nomer 3 karena terburu" sampai lagi males...hehe

avatar

Kesalahan2 umum biasanya dilakukan blogger pemula... anehnya saya juga sering melakukannya :-d :p

avatar

sepakat dg mas yg di atas ini...

avatar

Iya memang kesalahan tersebut sering dilakukan mas, terutama oleh para sahabat blogger yang belum berpengalaman dan juga masih pamula. Tapi sebenarnya kalau masih pemula sekalipun, itu bisa tidak malakukan kesalahan tersebut kalau ia mau belajar secara serius dalam kaitannya dengan berkomentar di blog lain :)

avatar

wah, padahal poin yang ketiga saya banget itu sob hehehehe, terkadang seseorang hanya berburu keuntungan pribadi semata dalam blogwalking, tanpa menyadari makna dari blogwalking itu sendiri, tauk ah mending makan =p~ biar kenyang :)

avatar

mungkin lebih mudah kali ya sob, coz tinggal copas aja komen nya :p

avatar

Kesalahan itu wajar namanya jga manusia yg suka "khilaf" wkwkwk =))
Kesalahan no 3 itu yg bikin sakit hati mas,, 'dia' komentar uda asal2an dan pastinya gk baca apa yg kita sajikan.. ;-( Dalam otaknya gimana caranya dapat kunjungan balek dengan cara enak.. :-s

avatar

saya heran dengan pengunjung poin ke dua itu. sekarang ini semua Admin blog sudah ngerti kalau ada link hidup di dalam komentar pasti dimasukin kotak spam atau langsung di hapus.

jadi dengan memasukan link hidup di dalam komentar sia-sia. dan komentarnyapun sia-sia tidak mendapatkan apa-apa. jangankan backlink, kunjungan balikpun tidak.. :d

panjang juga komen saya ini...

avatar

Setuju gan, yang paling saya ngga suka sih point 3. Padahal blogwalking sendiri bisa jadi ilmu buat yang baca. sakitnya saya pernah posting video tentang bola terupdate cuma di komment "JEBRET" :-b

nice post, love it

avatar

blog saya sering dihinggapi model2 komentar seperti diatas...dan sepertinya saya juga kadang2 melakukannya hehe

avatar

saya sangat setuju dengan tida point pokok diatas mas...
rasanya sangat alergi jika melihat ada komentar di blog kita yg melanggar kriteria di atas ya mas, hehehe :d

avatar

saya juga pernah begitu mas,,, tapi ada bedanya...
ada 10 komentar yang sama persis dan isinya promosi di blog saya di halaman yg berbeda, akhirnya saya masukkan ke folder spam, hehehe :)

avatar

:-s betul banget tuh mas
kalau ada salah satu dari ketiga point itu, males rasanya buat kunjungan balik -_-

avatar

Info yang ngena untuk aku mas, alkhamdulilah aku menemukan penjelasan tentang ini. jujur aku suka tak kunjungan balik ke blog yang koment aku mas :) sekali lagi makasih :)

avatar

makanya saya setuju dengan postingan mas sapa (lupa namanya) yang menyebutkan dalam berkomentarpun (tidak hanya komentar) diperlukan "Nettitude". :)

avatar

kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan banyak para blogger pemula, saya juga dulu pernah melakukan itu hehe...

avatar

betul mbak Ririn belajar dari pengalaman dan kesalahan dimasa lalu :)

avatar

apalagi kalau ada yang komen menggunakan link aktif, pasti alergi banget yah mbak Indri :)

avatar

mampir lagi pagi :)

avatar

Peraturan itu dibuat untuk dilanggar, begitulah kata penyerobot jalan BUSWAY he,,gak nyambung ya..
Mungkin bagi dia itu bukan kesalahan hanya sebagi penanda bahwa dia sudah Blogwalking .
Maaf kalo pandangan saya agak berbeda :)

avatar

Selain dari apa yang udah mas adjie utarakan di atas...sekiranya untuk berkomentar pilihlah pada postingannya yang terbaru...dengan demikian sang admin pun akan memberi respon balik lebih cepat.. :)

avatar

blogger pemula pun bilang begini :

lah saya ya bingung mau komeng apa mas .. gak mudeng juga artikelnya .. jadinya OOT hehehe

avatar

iya gan,kdang suka gimana klo dngr kmntr2 kya gtu!
Kelihatan bngt gk baca artikelnya itu,koment asal jeplak hehe

avatar

aku termasuk komentar yang asal-asalan. kadang susah dipahami maksud dari komentar itu sendiri :)

avatar

Selamat Malam Mas Adjie setelah saya baca dai awal samendi nih artikel sangat bermanfaat
Sekali tetapi semoga saya gak termasuk yang di katagorikan m]Mas Adjie ini yah Mas? :)
Di blog saya juga ada pengunjung yang seperti itu Mas. kasihan dan saya hanya senyum
Mungkin dia gak bisa ketik lewat keyboard. soalnya Kalimat seperti di artikel Mas itu
Wah kepanjangan nih saya koment salam hormat buat Mas Adjie dan sobat semua (h)

avatar

Betul sekali apa yang di katakan Mbak Ririn dan Mas Anthonie
Wah berarti artikel Mas Adjie ini memberikan KESEMPATAN teks
Komentar saya lebih detail. karena tiap koment pasti teks saya
Panjang krena sebelum koment saya baca dulu dengan tuntas.
Semoga dengan artikel ini sobat blogging yang udah keblinger jadi koslet yah jhhh
Terima kasih Mas Adjie bagus dehhhh artikel salam cium peluk sayang hhh

avatar

saya juga sering komentar asal-asalan kok, dan sering menaruh link, walau hanya link mati...untuk menunjukkan di mana URL nya berada....., ,
tapi biar bagaimanapun blogwalking tetap diperlukan dan meninggalkan jejak komentar untuk menjaga silaturahmi sesama blogger :-)

avatar

Memang untuk hal yang sepreti itu harus dihindari,.. . yang baru saya tahu,.. .tidak dibenarkan manaruh link pada komentar, ..mau hidup atau mati. .. .
Dengan begini bisa menjadi pelajaran buat blog saya kedepannya,.. .kalau da yang baru di tambahin lagi ya mas, .. . :D

avatar

saya rasa pada posting lama juga tidak ada masalah mas, karena widget koment akan membantu melacak semua komentar kita :>)

avatar

yang paling menjengkelkan itu menaruh link aktif di komentar mas..

avatar

Tips menarik ini menjadi panduan praktis dalam berkomentar di suatu blog (p). Di dunia mayapun ada etika dan kode etiknya @-) , 'hampir sama' dengan di dunia nyata. :>) Dunia yang begitu luas, seolah tanpa tepi, dan batas administratif. x-) Berkomentar yang baik, berkualitas, dan penuh inspirasi tentu menjadi idaman para blogger semua. Salam cemerlang! (h)

avatar

Kalau menurut kami, itu sangat tidak adil kalau dilimpahkan pada Blogger pemula. Sebenarnya itu tergantung pada Individu admin blog tersebut.

Banyak juga pemula yang kami temukan mereka blogwalking sambil belajar dan bersosialisasi dengan baik, tapi banyak juga Blogger yang sudah karatan di dalam dunia Blog pola dan tingkah lakunya semaunya.

Yang jelas blogwalking itu sangat diperlukan untuk blog, hanya saja kita sebagai Blogger harus bisa selalu menjunjung tinggi yang namanya sopan santun. Salam.

avatar

benar itu.. saya juga kadang kala ada melakukan beberapa kesalahan seperti di atas.. hehe.. seharusnya blogwalking untuk merapatkan persahabatan di kalangan sahabat blogger..

avatar

hehehe..etika dalam ngeblog itu sama kok dengan etika berteman dengan dunia nyata.

avatar

saya sendiri menyadari, dan mengakui kalau dulu saya pernah melakukan hal demikian, dengan seiringnya usia saya, saya semakin tidak ngurus apakah itu di foolbek atau tidak, bahkan saya juga tidak memperhatikan follower saya, seringnya sih tidak saya follow beck.
khusus untuk pertemanan intens baru saya foolbek.
pengalaman yang telah lalu, tiwas di foolbek eh dianya gak aktif ngeblog, jadi ngeblog buat saya itu jangka panjang dan pertemanan yang abadi.
salam hangat dari saya buat mas adjie...
hehehehe

avatar

sebenarnya panjang tulisan atau jumlah karakter tulisan itu nggak masalah, mau banyak atau sedikit itu nggak apa-apa, asalkan sinkron dengan substansi posting nya. Kebanyakan dari kita, kalau komentarnya panjang hanya berupa basa-basi saja, misalnya ucapan selamat malam, siang dan lain sebagainya. Alangkah lebih baiknya singkat, jelas, dan padat, tapi mengena :)

avatar

dan yang terpenting tidak menghina blogger lainnya :>)

avatar

kalau ini sih memang paling jengkel, artian sama kayak datang sekedar pinjam WC heheheh... saya sih sering blogwalking tapi jarang berkomentar, terkadang artikel yang saya baca itu bingung dan mau berkomentar seperti apa, gak mungikn kan kalau saya berkomentar nice share. ntar dianggap spammer hehehe :)

avatar

Hal sepele sering kali membuat para blogger melakukan kesalahan pada saat mereka melakukan blogwalking, dengan meninggal sebuah komentar yang kurang tepat dan terlihat asal komentar. Apalagi bila hal ini hanya sekeder pemeberitahuan seperti kalimat yang di contohkan "Kunjungan balik gan" dan sebagainya. Waktu terlihat tidak beretika namun komentar ini sepintas melihatkan kepada kita bahwa si pemberi komentar kurang menghargai dari setiap kontent artikel yang di buat para adminnya, dan dalam hal membangun link yang sesuai dengan SEO sangat menjadi kurang baik, apalagi kalau sudah melakukan spamer. Semoga kita dapat mengambil pembeljarannya dan terus dapat belajar untuk merubah hal yang kurang baik seperti ini.

Salam,

avatar

jadi ketiga hal diatas harus diperhatikan, supaya tdk skedar komen

avatar

kalo ada yg cantumin link aktif langsung saya jebloskan ke folder spam mas, biar kapok, hehehe x-)

avatar

orang2 yg komen disini apa dulunya gak pernah nyepam ya sewaktu masih newbie dulu, hehehe :o

avatar

lebih baik gak komen daripada hanya ninggalin komen spam ya mbak, apa lagi cuma numpang promosi doank, hmmm (f)

avatar

setuju itu pak, tapi kita sdh mencantumkan peringatan tetap aja mereka ada yg menautkan link hidup, hmmm repot juga ya @-)

avatar

kalo newbie kebal hukum mbak, tapi kalo terus2an bisa dihukum jadi spamer, huhuhu ;((

avatar

wkwkwkw betul mbak indri. Seratus buat mbak indri dech. Salam hormat buat semuanya :)

izin ikut belajar mas adji umbara :)

avatar

Paling Nyebelin Kalo Misalkan Ada Orang Yang Komentarnya udah asal asalan Naruh Link Pula haha Serasa Kpengen Ninju Tuh Orang Biar kagak Gitu Lagi :D

avatar

@Intan Sudibjo : Mungkin sedang malas tapi sayang melewatkan backlink, hehe..
@Arie Gond3s : Hehe tetap saja aneh karenan tidak mengerti isi artikel yang dikomentari, hihihii
@Indri Lidiawati : Di banned saja sekalian mba biar kapok..
@Agus Setya : Betul tul tul tul... :d

avatar

Iya sob biasanya hal ini dilakukan oleh sahabat-sahabat kita yang tidak mengerti apa itu menghargai..

avatar

Iya, mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan sebenarnya merugikan diri mereka sendiri..

avatar

Semangat yang kebaplasan..

avatar

Bisa jadi beliau-beliau itu memang sibuk sob, kan mereka sudah terkenal :))
(asal tidak sombong saja ya..)

avatar

Tapi menurut saya lebih baik tidak memberikan komentar dari pada berkomentar tapi tidak relevan dengan isi artikel..

avatar

Kirain mau bilang kembali ke laptop sob.. hehee

avatar

Saya dahulu juga melakukan hal seperti itu sob tapi saya terus belajar bagaimana cara menjadi sahabat blogging yang baik :)

avatar

Bagi saya pribadi aktifitas blogwalking adalah sebuah sarana untuk bersilaturahmi sekaligus belajar dari orang lain melaui artikel-artikel yang saya baca.. Soal pengaruhnya terhadap PR adalah bonus yang tak bisa dielakan.. :d

avatar

Saya sangat sependapat dengan sahabat, terimakasih atas tambahan ilmu yang bermanfaat.. :)

avatar

Hehe mungkin sudah menjadi hoby ya sob.. :d

avatar

Hehe manusiawi sob, tapi kita tidak bisa menyalahkan pemula seutuhnya mengingat para master juga banyak yang melakukan hal demikian, entah tujuanya basa-basi atau sekedar absen.. :-d

avatar

Wah sudah ramai nih.. saya jadi bingung mau balas yang mana.. (maaf) =p~

avatar

Hehe yang penting jangan kebablasan sob, habis makan paling enak (c) sambil 8-) Monggo..

avatar

Hehe namanya juga usaha sob, tapi saya sendiri merasa tersinggung jika mendapati komentar yang seperti itu b-(

avatar

Mungkin mereka tidak mengerti atau terlalu mengerti jadi hilang ingatan deh.. :-d

avatar

menurut saya untuk poin pertama, apa salahnya sih orang yang berkomentar menulis "kunjungan balik" di akhir tulisannya? toh kita sendiri tidak akan dirugikan dengan adanya tulisan tersebut.
poin ketiga, apa salahnya jg orang yang berkomentar menulis kalimat pendek seperti "nice info" atau "terima kasih tipsnya cukup membantu" ? bukannya itu sebagai wujud terima kasih dari si pengomentar karena dia telah mendapatkan apa yang dia butuhkan?

Menurut saya itu kesannya kaku yang dibatasi dengan peraturan-peraturan tertentu, itu membosankan!

avatar

Hahaa.. mungkin terinspirasi sama pembawa acara tv yang memang lagi booming..

avatar

Kalau saya lebih memilih cuek dari pada membalas komentarnya.. (malas juga untuk melakukan kunjungan balik) :)

avatar

Asal jangan alergi gatal-gatal saja mba indri :-d mas Anthonie

avatar

Saya sangat-sangat setuju dengan pendapat dan pandangan sahabat Rupi Adam

avatar

Sama-sama sahabat dadang hidayat semoga bermanfaat..

avatar

Hehehe lupa yah.. :-d

avatar

Sebagian besar memang para blogger pemula dan sebagian kecil lainya adalah para master yang numpang absen, hehee

avatar

Tentu tapi menurut saya Blogwalking yang salah..

avatar

Mungkin maksud sahabat budi adalah cara blogwalking yang berkualitas..

avatar

@Arie Gond3s Kalau saya lebih menyesuaikan dengan kebutuhan dan tidak peduli dengan posting lama maupun baru.. :)

avatar

Hehe tapi menurut saya lebih baik tidak berkomentar

avatar

Tujuanya sangat jelas hanya berburu backlink

avatar

Mungkin salah satunya yang sekarang ini ya sob wkwkwkwk

avatar

Hehe bisa jadi (mudah-mudahan)

avatar

Ya sob tapi menurut saya hal demikian tidak baik, kalau alasanya hanya untuk menujukkan URL saya rasa kurang tepat mengingat G+ dan blogger sudah support mengatasi yang demikian.. Salam hangat :)

avatar

Wah ada tambahan yang bermanfaat untuk artikel saya ini, thanks sahabat..

avatar

Itu bukan lagi sekedar paling menjengkelkan tapi sudah masuk kriteria paling paling dan paling.. hehe

avatar

Betul sahabat Herdoni, dalam pergaulan baik nyata maupun maya etika harus tetap kita jaga jika kita ingin diakui keberadaanya, terimakasih sahabat Herdoni atas tambahan pengetahuan tentang blogwalking ini.. salam cemerlang..

avatar

Sependapat dengan sahabat, tidak semua pemula melakukan hal yang demikian buktinya para sesepuh pun banyak yang melakukanya... :>)

avatar

Betul sahabat Mizz Aiza semoga kita bisa belajar bersama tentang etika pergaulan

avatar

Hehe saya sendiri tidak pernah merasa minta untuk follback mas, karena saya tahu jika blog saya memang menarik minat pengunjung (pembaca) maka dengan sendirinya mereka akan follow blog saya, begitu juga dengan saya, saya akan melakukan follow blog yang menurut saya penting untuk diikuti.. thanks sahabat Agus atas pandanganya..

avatar

Hehe bisa aja nih Mba Leony dalam menyamakan pandangan

avatar

Iya sob sepele tapi berpengaruh, hehee

avatar

Ini hanya opini pribadi sob..

avatar

Hajar saja sob :-b .. hehey..

avatar

Silahkan baca kembali dengan lebih seksama.. Terimaksih sahabat Namina Mei :)

avatar

@Wahyu Eka => Tapi kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya sama newbie mba, banyak juga ko para sesepuh yang melakukan hal demikian? hehe

@Anthonie => Benar sob kita bisa belajar dari pengalaman kita :)

@Saud => Sahabat Saud Karrysta menurut saya merupakan salah satu blogger santun dalam berkomentar :d

@Mawan => Itu yang paling utama sob..

@Indri => Saya rasa kita semua pernah melakukannya termasuk saya.. hehe :))

avatar

Lebih nyebelin lagi kalo yang berkomentar tersebut ngiklan hehehe...saya sering banget liat tuh mending kalo yang dia promosikan itu benar, yang lebih parahnya lagi dia promosi tentang togel....suka ketawa sendiri jadinya kalo baca komentar tuh orang :D

avatar

Langsung di banned saja sob dari blog kita..

avatar

Jika yang komentar asal-asalan bisa jadi karna waktunya sempit atau bisa juga ya males baca, jadi ya ga nyambung sama artikelnya...nais sharing sob

avatar

Setuju banget mas,mungkin males baca intinya ingin komentar dan mendapatkan backlink.

avatar

Gkgkgk saya setuju tuh sama sahabat Nehad...

avatar

Ninggalin jejak aja dulu deh, artikel yang informatif sekali nambah ilmu lagi nih.. :)

avatar

Etika baik yang perlu disebar luaskan.. Perlu kesadaran dari semua blogger Indonesia agar kembali kepada budaya yang sopan, santun dan ramah. Hidup blogger Indonesia, merdeka..

Berkomentarlah dengan bijak karena setiap perkataan yang kita ucapkan merupakan cermin pribadi seperti apa diri kita..

Terima kasih atas komentar Anda